sat

Mengenal Apa Itu SAT dan Struktur Soalnya

Scholastic Assessment Test (SAT) adalah salah satu jenis tes penjaringan. Tes ini banyak digunakan oleh lembaga pendidikan di Amerika, baik di tingkat universitas atau pun tingkat sekolah menengah atas. Penggunaan SAT di tingkat sekolah menengah adalah pembaruan, dan tentunya dengan penyesuaian. 

Meskipun ujian SAT berlaku sebagai tes penjaringan di banyak universitas di Amerika, namun kita tidak perlu ke Amerika untuk mengikuti Scholastic Assessment Test. Kita bisa mengikuti tes ini di beberapa negara penyelenggara, termasuk Indonesia. 

Struktur Soal dan Penilaian 

Komposisi soal yang ada di dalam Scholastic Assessment Test terdiri dari 5 bagian, yaitu membaca, menulis, berbahasa, matematika kalkulator, dan matematika tanpa kalkulator. Meskipun begitu, nantinya hanya akan dikelompokkan jadi dua penilaian. 

Penilaian bagian soal membaca dan menulis akan dijadikan satu skor. Sementara skor yang lain untuk matematika. Kedua penilaian tersebut jika ditotal akan bernilai antara 400 hingga 1600. Apabila kita mengambil soal opsional berupa esai, maka nilai akan terpisah. 

baca Juga: Cara Cepet Belajar Bahasa Jerman

Bobot nilai pada setiap soal Scholastic Assessment Test sebenarnya tidak diketahui secara pasti. Ada bagian soal yang dianggap memiliki bobot yang lebih banyak, terutama soal yang muncul setelah kita menjawab secara benar. 

Perlu kamu ketahui bahwa jawaban yang salah di Scholastic Assessment Test tidak akan mempengaruhi nilai. Oleh karena itu, peserta ujian SAT lebih baik untuk mengisi semua jawaban. Soal yang muncul setelah jawaban benar justru memiliki bobot tersendiri. 

Dalam mengerjakan soal, admission akan diberi waktu selama 3 jam untuk menjawab soal-soal berupa pilihan ganda. Totalnya adalah 800 soal. Selanjutnya, ada waktu tambahan 50 menit bagi yang mengambil soal esai. 

Biaya Ujian SAT

Mengikuti ujian di luar Amerika tidaklah gratis. Kita akan diwajibkan untuk membayar tes dan ditambah pengenaan biaya zona. Untungnya, biaya mengikuti ujian SAT di Indonesia terbilang murah dibanding zona negara-negara lain. 

Biaya utama mengikuti Scholastic Assessment Test adalah sekitar 60 dollar. Biaya tersebut sudah terhitung opsional esai. Apabila tanpa esai, maka biaya yang dikenakan adalah sebesar 50 dollar. Namun, ini belum ditambah biaya zona yang diberlakukan berbeda di tiap negara. 

Itulah tadi uraian mengenai ujian SAT, komposisi soal dan penilaian, serta lembaga yang menyelenggarakan di Indonesia. Karena harga mengikuti tes dan jadwal yang tidak selalu ada, kursus persiapan SAT adalah pilihan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *