Menstruasi Jadi Kacau Bag2

Nah, bagi Mama yang mendapatkan menstruasi nor mal/ segera, hal itu berarti sudah memasuki masa subur. Kecuali jika Mama ingin segera punya momongan kembali, tak mengapa tidak langsung ikut program KB. Tapi jika ingin mengambil jarak hingga beberapa waktu ke depan, segeralah mengikuti program KB.

Baca juga : Kerja di Jerman

Sementara bagi Mama yang tidak menyusui, bisa jadi setelah masa nifas akan segera mendapatkan menstruasi. U Siklus menstruasi. Tahu, kan, setiap perempuan tidak sama siklus menstruasinya, ada yang panjang (hingga 30 hari, bahkan lebih) dan ada yang pendek (26 hari atau kurang). Jadi, menstruasi setelah kehamilan akan sama seperti sebelum kehamilan atau bisa juga berubah, bergantung pada respons tubuh yang dipengaruhi hormon dan perubahan pola yang mengakibatkan siklus menjadi lebih lama (panjang). Perlu diketahui, periode menstruasi setelah kehamilan bisa didahului oleh pre-menstrual syndrome (PMS), seperti munculnya kram atau nyeri pada perut.

Namun, biasanya PMS akan pulih tanpa bantuan obat-obatan. U Diet terlalu ketat. Diet dengan tujuan melangsingkan badan yang dilakukan setelah melahirkan dapat menyebabkan menstruasi pascapersalinan menjadi tidak teratur atau terganggu. U Masalah psikologis. Baby blues atau depresi pascapersalinan paling sering menjadi penyebab masalah psikologis pada mama baru. Proses melahirkan yang berat, ditambah kelelahan merawat bayi yang sangat bergantung pada Mama akan memunculkan depresi yang khas.

Kondisi ini sangat bisa mengacaukan ritme menstruasi, yaitu menstruasi tak kunjung datang, atau menstruasi berlangsung sangat lama. Bisa mencapai 31 hari, bahkan lebih. TAK PERLU DIRISAUKAN Walau ritme menstruasi Mama menjadi kacau, sepanjang tidak ada keluhan, sebenarnya kondisi ini tak perlu dirisaukan. Kecuali jika menstruasi Mama berlangsung terlalu lama dari umumnya, lebih dari 31 hari, misal, juga ada rasa nyeri, maka baiknya segera periksakan ke dokter obgin. Di luar itu, kacaunya ritme menstruasi Mama akan kembali normal. Yang perlu diperhatikan, jika ada keluhan atau ada hal yang tidak biasa, segera konsultasikan ke dokter obgin, ya, Ma.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *